Senin, 25 Juni 2012

Flash Mob

Pasti pernah denger kan istilah ini? But what is it actually?
Flash mob adalah kegiatan yang secara spontan yang dilakukan sekelompok orang di area umum. Kegiatan ini biasanya langsung serentak atau terkdang dimulai oleh satu orang terus diikutin sama orang-rang lain yang ada di sekitar itu. Bentuk flash mob ini bisa nge-dance, menyanyi, memeatung, dll. But ones its done, mereka bakal langsung bubar, seolah barusan gak terjadi apa-apa. Nowadays, beberapa flash mob actors sebelumnya udah janjian dulu diem-diem, jadi orang-orang di sekitar lokasi flash mob nantinya bisa terkejut sekaligus tehibur pas tiba-tiba lihat aksi ini. Tujuannya? Macem-macem, mulai dari sekedar hiburan, ekspresi seni, sampai buat tujan komersil. Flash mob pertama diadakan di Manhattan pada mei 2003 oleh Bill Wasik, the senior editor of harper’s magazine. Tapi usahanya gagal karena tokoh tempat flash mob mau di lakukan udah dapet bocoran tentang rencana ini. Iya kemudia bikin flash mob lagi pada 3 Juni 2003 di Macy’s Departement Store. Waktu itu, lebih dari 130 orang berkumpul di lantai 9, di sekitar sebuah karpet mahal. Mereka bilang ke sales asistan-nya kalau mereka tinggal bareng di sebuah gudang di pinggiran New York, dan sekarang mereka lagi belanja love rug bareng! Setelah sukses membuat si penjual bingung selama beberapa menit,mereka langsung membubarkan diri. Selanjutya, sekitar 200 orang mendatangi lobby hotel Hyatt dan tepuk tangan selama 15 detik. Wasik lalu mem-posting kegiatan yang iya organisir ini di blognya, dan sejak itulah istilah flash mob itu di kenal.
Famous Flash Mobs
·         Diacara pembukaan The Oprah Show pada 8 September 2009, 20.000 orang riba-tiba joget di iringi oleh Black Eyed Peace yang bawain lagu I Gotta Feelin. Oprah was really surprised
·         Pada tahun 2009 juga, ribuan fans Michael Jackson di banyak kota di dunia kaya Stockholm, Amsterdam, Paris, melakukan aksi serupa as a tribute to the king of pop.
·         Di Indonesia sendiri, sekitar 1000 orang pernah menari diiring lagu Love Today milik Mika pada 10 Oktober 2010. Setelah 4 menit menari di Jl. MH Thamrin, Jakarta, mereka mereka bubar gitu aja.
           
How To Organize A Flash Mob?
·         Decide what you’re going to do flash mob gak cuma menari, bisa nyanyi bareng, acting atau freeze flash mob.
·         Use twitter, facebook, and email, to bring people together. Beri pesan yang jelas kita harus kumpul dimana, jam berapa, pake baju apa, mau ngelakuin apa dan berapa lama
·         Get it done as if nothing ever happened. Habis flash mob-nya kelar, semua peserta harus balik ke aktifitas masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar