Senin, 25 Juni 2012

Marathon


Pas lagi mata pelajaran olah raga di sekolah dulu, mungkin sebagian dari kita ada yang males banget di suruh lari. It can be fun kalau di lakuin rame-rame, misalnya dengan dengan  ikut marathon ini!
The History
Istilah marathon berasal dari legenda prajurit Yunani bernama Pheidippies. Menurut cerita, Pheidippies yang habis perang yang habis ikut perang melawan Persia di Marthon di minta ke Athena untuk mengabarkan kemenangan mereka barusan. Pheidippies berlari nonstop dari Marthon ke Athena, menyampaikan kemenangan Yunani, sebelum akhirnya ambruk dan meninggal. Kegiatan marathon pun diadakan buat mengenang Pheidippies dan kemenangan Yunani pada perang tahun 490 SM. Jarak lari yang di tempuh Pheidippies dari marathon ke Athena sekitar 40 km. Makanya, pas olimpiade pertamatahun 1896, peserta harus berlari menempuh jarak segitu. Tapi pada waktu itu jarak tempuh emang belum di perhatikan, soalnya yang penting adalah seluruh peserta berlaga pada lapangan yang sama. Barulah, di tahun 1921, jarak marathon di standarkan menjadi 42,195 km. sekarang, tiap tahunnya adalah lebih dari 500 marathon di gelar di seluruh dunia. Jumlah pesertanya berfariasi, marathon yang besar bisa di ikuti sampai puluhan ribu peserta. Salah satu even marathon terbesar adalah New York City Marathon (ING Marathon). Pada even tahunan yang diadakan tiap November ini siapa aja boleh daftar, asal berusia lebih dari 18 tahun. Nah, pada New York City Marathon tahun 2011, sebanyak 46.795 peserta berhasil mencapai finish, Making In the Large Marathon of Old Time!
In Our Coutry
Di Indonesia, meski gak se-hits sepeda, bukan berarti even marathon gak pernah di adain lho. Tahun 2007 misalnya, pernah diadakan marathon internasional di Lombok yang di ikuti oleh ratusan peserta. Ada 3 nomer yang dilombakan, yaitu jarak 42.195 km, 10 km, dan 5km. April kemarin, di Bali juga baru di gelar BII MyBank Bali Marathon yang di ikuti 2.000 peserta dari asia, Australia, dan eropa. Kategori yang di lombakan adalah Full Marathon (42.195 km), Half Marathon (21.0975 km), dan 10 km. Yang paling baru, tanggal 20 Mei kemarin diadakan Jakarta International 10k yang ke-9. Even tahunan ini di selenggarakam dalam rangka ulang tahun Jakarta yang ke-485 dengan peserta sekitar 35.000, Jakarta International 10k dianggap sebagai lomba marathon terbesar di Indonesia! Jarak yang harus di tempuh peserta 10 km, dengan start dan finish di Monas. Lomba ini akan di bagi menjadi beberapa kategori, yaitu atlet internasional, atlet nasional, umum dan pelajar 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar