Rabu, 27 Juni 2012

Bagaimana Membenahi Hukum Ekonomi di Indonesia


Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki keanekaragaman kehidupan, culture dll. maka dari itu, Indonesia memiliki permasalahan yang berbeda dari satu sisi ke sisi lainnya.
Permasalahan bangsa Indonesia bukan hanya terjadi di dalam masyarakat Indonesia, namun juga adanya permasalahan dari luar.
Salah satu masalahnya adalah pembangunan kegiatan usaha illegal (tidak sah) yang meraja lela serta adanya kecurangan-kecurangan dari pelaku usaha yang kadang kegiatannya dibiarkan oleh pihak berwajib, sungguh mengenaskan memang sehingga muncul keresahan kepada masyarakat, dan ini akan menjadi salah satu factor terjadinya pergolakan di Indonesia
Di Indonesia, proses kegiatan industry bisa dikatakan sedang berkembang, bahkan perkembangannya termasuk pesat, namun masih banyak kegiatan usaha yang dilakukan tidak sesuai peraturan dan undang-undang yang berlaku di negeri ini. Kurangnya pengawasan dari berbagai pihak menjadi factor mewabahnya praktek-praktek kecurangan. Dan hukum yang kurang tegas juga menjadi factor utama terjadinya kekacauan ini, seharusnya hukum yang mengatur tentang kegiatan industry dan ekonomi dipertegas serta diperjelas untuk memberi efek jera kepada pelaku usaha yang berbuat kecurangan serta terciptanya persaingan yang bersih.
Selain adanya tindak kecurangan, banyak pula pelaku usaha atau perusahaan yang kurang memperhatikan kepentingan dan keselamatan para konsumen, seperti peralatan pembuatan produk yang jauh dari standart dan bahkan banyak industry yang masih illegal atau tidak memiiki izin usaha dari pihak setempat. Hal ini membuat para pekerja merasa tidak aman bekerja, akan tetapi karena sempitnya lapangan pekerjaan, ini membuat mereka bekerja walau mereka tahu bahwa pekerjaan yang mereka lakukan adalah illegal.
Bagi masyarakat umum, banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi berbagai factor kecurangan-kecurangan ini. Karena setiap permasalahan bisa diselesaikan dari hal yang kecil. Beberapa hal yang bisa kita lakukan antara lain :
·         Membeli produk yang asli
Masyarakat memang terkadang suka terbuai dengan produk-produk imitasi yang harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan produk yang asli, justru ini menyebabkan banyaknya produk illegal yang terjual, otomatis ini akan menjadikan penjualan produk palsu lebih laku keras daripada produk yang asli.
Andai kita semua teliti dalam memilih, banyak sekali hal-hal negative dari produk palsu yang kita bei, seperti kebersihannya yang tidak terjamin, bahan-bahan yang mungkin membahayakan bagi kesehatan manusia, dan juga peralatan yang dipakai mugkin sudah tidak layak pakai dan sudah tidak sesuai standart

·         Membeli produk asli Indonesia
Kita sebagai bangsa Indonesia seharusnya cinta dengan produk dari bangsa kita sendiri, kalau dilihat memang produk dari Negara lain memang agak sedikit lebih murah, akan tetapi, kualitas dan ketahanan produk dari Indonesia umumnya lebih unggul dari pada produk luar negeri, kualitasnyapun tidak kalah. Bahkan banyak pula produk Indonesia yang sudah diexport keluar negeri karena kualitasnya yang baik.


Dari segi keuntungan, kita dengan membeli produk dalam negeri juga ikut turut serta menambah devisa Negara serta memajukan perekonomian Indonesia, kalau kita membeli produk luar, justru Negara lain yang akan meraup keuntungannya.
·         Melaporkan setiap adanya praktek kecurangan
Ini merupakan salah satu permasalahan besar yag dihadapi oleh masyarakat Indonesia, banyak sekali praktek-peraktek kecurangan yang tidak dilaporkan sehingga pertumbuhan kegiatan usaha ilegalpun menjadi semakin meningkat di Indonesia. Seharusnya kita tidak boleh tinggal diam jika melihat adanya kecurangan-kecurangan yang ada disekitar kita.
Banyak masyarakat yang malas untuk melapor kepada pihak berwajib, seharusnya tidak seperti itu, karena setiap kejahatan jika tidak dilaporkan akan semakin berkembang pesat, maka dari itu, segera laporlah kepada pihak berwajib.
Jika kita malas untuk melapor, paling tidak kita harus bisa complain kepada tempat kita membeli suatu produk, dengan kata lain, jangan biarkan sedikit celahpun ada untuk praktek-praktek kecurangan.
·         kurangnya pengawasan
pihak berwajibpun kadang sering menggampangkan kecurangan-kecurangan tersebut, seakan-akan bukan masalah besar, padahal jika dibiarkan, ini akan merugikan masyarakat dan juga perekonomian bangsa, yang lebih ironis lagi, banyak polisi yang bisa disuap demi kelancaran kegiatan-kegiatan usaha illegal.
Banyak sekali hal yang dapat kita lakukan untuk mengurangi adanya praktek-praktek kecurangan, dan yang terpenting saat ini, cintailah produk dalam negeri, belilah produk yang asli, ciptakan berbagai lapangan kerja baru, dan juga melaporkan setiap adanya kecurangan ada di sekitar kita, dengan demikian, kita akan melihat bagaimana bangsa Indonesia dan perekonomian Indonesia akan maju pesat, karena industry di Indonesia sangatlah berkembang jika ma uterus berusaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar